Pagelaran Lomba Fashion Show HUT V METRO SIANTAR (2)

Tim Juri Habiskan 1 Jam Lebih Putuskan Para Juara

 

Penjurian Lomba Fashion Show HUT V METRO SIANTAR, tergolong alot. Tim Juri, yakni Mindo Beauty Indriani Napitupulu (Ketua), Ika Pitarawesti Harahap, dan Drs Gunawan Purba, membutuhkan waktu satu jam lebih untuk memutuskan siapa pemenang lomba. Keserasian berbusana, jalan dan gaya di catwalk, dan asesoris, benar-benar dipertimbangkan!

 

Dame Ambarita, Siantar

 

”Lima belas menit lagi ya,” kata anggota Dewan Juri, Drs Gunawan Purba, saat dihubungi panitia untuk menanyakan berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan Tim Juri sebelum mengumumkan pemenang. Hal itu ditanyakan, setelah Tim Juri sudah berdiskusi selama 20 menit di sebuah ruang tertutup di Siantar Hotel, usai seluruh peserta tampil untuk dinilai dan berparade penghabisan.

 

Acara hiburan pun diteruskan. Dua peserta putri menyumbangkan suara menghibur penonton. Peserta ibu-ibu tak mau kalah. Diana Batubara turut menyumbangkan suara, dengan menyanyikan lagu Batak berirama sedih, disusul lagu berirama gembira. Para peserta kategori ibu-ibu diundang hadir ke atas red carpet untuk bergoyang bersama. Sejumlah penonton ikutan turun ke red carpet untuk bergoyang. Bahkan Dr Polentyno Girsang dan istrinya ikut bergoyang dengan energiknya.

 

Dua puluh menit kemudian (panitia menambah 5 menit dari yang dijanjikan), panitia kembali menelepon Ketua Tim Juri, Mindo Napitupulu, bertanya berapa menit lagi waktu yang dibutuhkan juri. “Tunggu 15 menit lagi ya! Juri perlu kerja keras memutuskan siapa juaranya,” pintanya.

 

MC pun mengumumkan peserta lomba dan hadirin untuk menunggu 15 lagi. Sesi hiburan dilanjutkan. Kali ini diisi dengan sejumlah pengunjung yang menyumbangkan suara. Seorang waria menyumbangkan lagu dengan goyang heboh, mengundang aplaus meriah dari penonton.

 

Lima belas menit berlalu, dan belum juga ada tanda-tanda Tim Juri hadir ke lokasi acara. ”Kak, berapa menit lagi?” tanya panitia, lagi-lagi via telepon.

 

“Tunggu lima menit lagi ya. Sabar saja,” jawab Ketua Dewan Juri.

 

Hiburan terus berlanjut. Peserta lomba kategori ibu-ibu, Danke Rajagukguk menyumbangkan suara. Remaja putri dan penonton kembali bergoyang di atas red carpet. Uniknya, peserta Remaja Putra tak ada yang pede ikut bergoyang. 

 

Akhirnya, setelah satu jam lebih, Tim Juri muncul di lokasi acara. Seluruh peserta yang sudah agak menyebar: ada yang ke toilet, ada yang ke meja sanak keluarganya, ada yang makan minum, diimbau MC untuk kembali ke kursi peserta. Dan detik-detik menegangkan pun mewarnai suasana.

 

Sempat ada beberapa kekurangpaduan soal teknis pengumuman. Awalnya, panitia merancang, seluruh peserta per kategori diundang berbaris ke atas red carpet. Selanjutnya, juri mengumumkan 15 besar, disusul 6 besar, dan tiga besar. Tetapi mengingat jumlah peserta putri cukup banyak dan tak ada ruang untuk berdiri sekaligus, akhirnya diputuskan untuk mengumumkan 15 besar saja. Ke-15 besar diundang untuk berdiri di atas panggung, sebelum diumumkan 6 besar, dan 3 besar.

 

Pertama, diumumkan juara untuk Kategori Ibu-ibu. Karena jumlah ibu-ibu yang hadir ikut lomba hanya 15 orang, Juri hanya mengeliminasi 5 peserta, dan memanggil 10 besar dengan menyebutkan nomor dan nama peserta. Ke-10 besar itu yakni nomor 3, 4, 5, 6, 7, 9, 10, 13, 14, dan 15, dengan total nilai masing-masing mulai 600 sampai 2.500.

 

Selanjutnya, juri mengumumkan 6 besar, yakni Juara I Mutia Siregar (2.500), Juara II Herlina Sirait (2.300), Juara III Suzanna Girsang (2.000), Harapan I Sri Hayati (1.800), Harapan II Monika Simarmata (1.500), dan Harapan III Danke Rajagukguk (1.200).

 

Juara I mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp750.000, satu unit handphone, dan voucher dari Indosat. Juara II mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp500.000, satu unit handphone, dan voucher dari Indosat. Juara III mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp250.000, satu unit VCD, dan voucher dari Indosat. Juara I Harapan mendapat piagam penghargaan, satu unit rice cooker, dan voucher dari Indosat. Juara II Harapan mendapat piagam penghargaan, satu unit dispenser, dan voucher dari Indosat. Juara III Harapan mendapat piagam penghargaan, satu unit hair dryer, dan voucher dari Indosat.

 

Seperti dijelaskan saat briefing dan dalam pemberitaan di METRO SIANTAR, hadiah untuk Kategori Ibu-ibu tak persis sama dengan yang dijanjikan panitia pada iklan pengumuman lomba fashion show. Hal ini karena jumlah peserta yang mendaftar tidak memenuhi quorum yang ditetapkan panitia, yakni minimal 25 peserta.

 

Selanjutnya, Tim Juri mengumumkan para juara untuk Kategori Remaja Putri. Pertama, Tim Juri mengumumkan 15 besar, yakni nomor 1, 3, 6, 7, 8, 14, 16, 18, 26, 27, 28, 39, 42, 45, dan 50.

 

Sedangkan Juara I adalah Kartika Suci L Parhusip, Juara II Wulansari, dan Juara III Ruth Teresia Aritonang. Juara harapan I Agustin Windasari, Harapan II Dewi Syafriana Sinaga, dan Harapan III Bedseba Angellina Sinaga. Juara I mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp1.000.000, paket kosmetik, dan voucher dari Indosat. Juara II mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp750.000, paket kosmetik, dan voucher dari Indosat. Juara III mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp500.000, paket kosmetik, dan voucher dari Indosat. Juara Harapan I, II, dan III mendapat piagam penghargaan, uang Rp250.000, paket kosmetik, dan voucher dari Indosat.

 

Berikutnya, Tim Juri mengumumkan para juara untuk Kategori Remaja Putra. Pertama, Tim Juri mengumumkan 15 besar, yakni nomor 3, 6, 9, 11, 18, 19, 22, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30, dan 31.

 

Adapun untuk 6 besar, Juara I diraih Boydo RE Hutagalung, Juara II Peri Emil Siallagan, dan Juara III Frengki Roy Simamora. Untuk juara Harapan I diraih Jamal Hensen Damanik, Harapan II Eduard Napitupulu, dan Harapan III Awal Hadinata. Juara I mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp1.000.000, dan voucher dari Indosat. Juara II mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp750.000, dan voucher dari Indosat. Juara III mendapat piala, piagam penghargaan, uang Rp500.000, dan voucher dari Indosat. Juara Harapan I, II, dan III mendapat piagam penghargaan, uang Rp250.000, dan voucher dari Indosat.

 

“Untuk hadiah uang, harap diambil di Kantor METRO SIANTAR pada hari Senin, 7 April 2008,” kata Panitia melalui MC.

 

Usai pengumuman, sejumlah peserta yang belum beruntung menjadi juara, memilih untuk pulang. Lagipula, waktu sudah menunjukkan pukul 23.15 WIB. Raut-waut wajah kecewa, bahkan sedih, mewarnai peserta yang belum beruntung. “Jangan sedih, masih ada kesempatan bertanding di lain kesempatan,” kata MC, Fawzy, menghibur peserta yang belum beruntung.

 

Sementara peserta yang menang, wajahnya sumringah dengan wajah penuh senyum. “Tapi, kapan ya aku bisa juara I,” tanya Frengki Roy Simamora, Juara III Kategori Remaja Putra, saat menyalami panitia.

 

”Tanya rahasianya kepada Juara I. Atau kau curi dulu ilmunya. Mungkin dia lebih luwes berjalan daripada kamu. Kamu sih, pasang wajah terlalu serius. Tak ada senyum. Kali itu jadi pertimbangan juri,” canda panitia menjawab pertanyaan si peserta.

 

Peserta khususnya para juara, sibuk foto-foto bersama juri. Waktu sudah menunjukkan tengah malam lewat sedikit. Acara pun usai.

 

Seluruh Panitia HUT V METRO SIANTAR, secara khusus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor yang mendukung acara, antara lain Sinar Utama Elektronik (Koko Susanto), Aling Salon, Biza Salon, Juan Salon, Telkomsel, Jumbo Shop, Indosat, yang telah memberikan produk maupun voucher, untuk pemenang. (selanjutnya, ikuti apa kata juri tentang bagaimana proses yang mereka lakukan dalam memilih para juara).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s